IDENTIFICATION DIVISION.
PROGRAM-ID. LOL8.
ENVIRONMENT DIVISION.
DATA DIVISION.
WORKING-STORAGE SECTION.
·
Merupakan
struktur program utama cobol , tetapi PROGRAM-ID. LOL8 dapat juga tidak di ikut
sertakan.
01 A PIC 9(5).
01 B PIC 9(5).
01 C PIC Z(5).
01 D PIC Z(5),VZ(2).
01 E PIC Z(5),VZ(2).
01 F PIC Z(5),VZ(2).
01 Z PIC 9.
01 T PIC 9(2).
01 R PIC Z(5).
·
Codingan
dimana tempat pengisian variabel
·
Variabel
Bertpe Z untuk sebuah karakter , Variabel 9 untuk angka atau numeric , dan VZ
adalah numeric untuk mengisi sebuah hitungan hasil desimal (untuk berkoma).
01
ISI-LAGI PIC X.
88 LAGI VALUE 'Y', 'y'.
88 TIDAK VALUE 'T', 't'.
·
Untuk
mengisi variabel yang perintahnya dapat di panggil.
SCREEN
SECTION.
01 BERSIH.
02 BLANK SCREEN.
·
Untuk
membersihka layar sehingga program penampilannya lebih layak.
PROCEDURE
DIVISION.
UTAMA.
DISPLAY BERSIH.
DISPLAY '1. KALKULATOR'.
DISPLAY '2. PERFORM AND
IF'.
DISPLAY '3. MOVE'.
DISPLAY '4. EXIT'.
DISPLAY (5, 1) 'MASUKKAN
PILIHAN ANDA [1-4] : '.
ACCEPT Z.
IF Z = 1 GO TO
KALKULATOR.
IF Z = 2 GO TO ULANG.
IF Z = 3 GO TO PINDAH.
STOP RUN.
·
Ini
adalah menu pertama yang akan di eksekusi dan codingannya di isikan sebuah menu
karna tampil pertama
·
Di
sini kita melakukan percabangan dengan IF dan GOTO
·
Percabangan
di sini kita isi dengan nilai yang nantinya memanggil menu yang akan di panggil.
·
Jika
kita isi nomor dengan yang tidak ada di atas maka program akan keluar.
KALKULATOR.
DISPLAY (6, 1) 'MASUKKAN
ANGKA PERTAMA : '.
ACCEPT A.
DISPLAY (7, 1) 'MASUKKAN
ANGKA KEDUA : '.
ACCEPT B.
ADD A, B GIVING C.
DISPLAY 'HASIL TAMBAH :
', C.
SUBTRACT A FROM B GIVING
D.
DISPLAY 'HASIL KURANG :
', D.
MULTIPLY A BY B GIVING
E.
DISPLAY 'HASL KALI : ',
E.
DIVIDE A BY B GIVING F.
DISPLAY 'HASIL BAGI : ',
F.
DISPLAY (13, 1) 'HITUNG
LAGI [Y/T] : '.
ACCEPT ISI-LAGI.
IF LAGI GO TO KALKULATOR.
IF TIDAK GO TO UTAMA.
·
Di
sini adalah sebuah codingan kalkulator sederhana yaitu penambahan , pengurangan,
perkalian, dan pembagian.
·
Di
akhiri sebuah kondisi yang dimana untuk melakukan program ini kembali atau
kembali ke menu utama.
CETAK.
DISPLAY 'HELLO CRUEL
WORLD !'.
ULANG.
PERFORM CETAK 5 TIMES.
DISPLAY (13, 1) 'PRINT
LAGI [Y/T] : '.
ACCEPT ISI-LAGI.
IF LAGI GO TO ULANG.
IF TIDAK GO TO UTAMA.
·
Menu
CETAK di sini tidak di eksekusi karna tidak di ikut sertakan dalam pengeksekusian
dalam menu tetapi berfungsi untuk di gunakan dalam menu ULANG
·
Menu
ULANG adalah sebuah perulangan di mana di lakukan 5 kali karna 5 TIMES.
·
Maka
yang akan di tampilkan adalah isi dari menu CETAK yaitu HELLO CRUEL WORLD.
·
Di
akhiri dengan kondisi dimana kembali ke program ini atau kembali ke menu utama.
PINDAH.
DISPLAY (6, 1) 'MASUKKAN
ANGKA : '.
ACCEPT T.
MOVE T TO R.
DISPLAY 'HASIL MOVE : ',
R.
DISPLAY (9, 1) 'MOVE
LAGI [Y/T] : '.
ACCEPT ISI-LAGI.
IF LAGI GO TO PINDAH.
IF TIDAK GO TO UTAMA.
·
Sama
seperti menu menu lainnya tetapi di sini kita melakukan perpindahan.
·
Perpindahan
tersebut maksudnya adalah nilai darai variabel T pindah ke variabel R.
OUTPUT PROGRAM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar